Minggu, 04 Juli 2010

SEKRETARIS PROFESIONAL DI ERA GLOBALISASI

Era globalisasi informasi dan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi menuntut orang – orang yang menggeluti profesi sekretaris untuk selalu menyesuaikan diri dan memperlebar wawasan. Tingkat kompetensi sekretaris yang kini dimiliki perlu ditingkatkan sehingga terjadi dalam rangka bersaing dengan tenaga- tenaga sekretaris yang tidak mustahil akan didatangkan dari luar.Oleh investor asing yang mempunyai kesempatan untuk berbisnis di Indonesia, dengan kata lain terbentang persaingan yang tajam.

Gejala – gejala yang di butuhkan di atas adalah wajar mengingat demi efisiensi dan efektifitas, ada kecenderungan para pelaku bisnis untuk memanfaatkan tenaga sekretaris secara efisiensi. Kecenderungan ini akan mengakibatkan adanya persaingan yang tajam untuk menduduki jabatan sekretaris.

Dalam era globalisasi, fungsi dan peranan sekretaris semakin dibutuhkan oleh para manajer. Para manajer dalam memanfaatkan waktunya lebih berkonsentrasi pada tugas managerialnya yang penuh tantangan itu dan segala pekerjaan staf didelegasikan kepada sekretarisnya. Sebagai konsekuensi logis sekretaris pun akan menghadapi tantangan yang tidak ringan.

sekretaris perlu mengantisipasi situasi yang akan datang dengan mengembangkan diri, melalui kompetensinya dengan cara :
- Memiliki sikap dan kepribadian yang sesuai dengan posisinya sebagai sekretaris
- Memiliki berbagai pengetahuan yang menunjang pekerjaannya
- Terampil dalam memakai alat kantor berteknologi tinggi
- Terampil dalam mengelola kantor
- Cakap dalam berhubungan dengan pimpinan dan orang lain
- Menguasai bahasa asing terutama Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional

maka dari itu sekretaris perlu mengantisipasi hal demikian agar siap dalam dunia sekretaris profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar